Blog ini berisi tulisan mahasiswa Program Studi Pendidikan Sosiologi A UNJ angkatan 2015 tentang permasalahan pendidikan. Seluruh tulisan ini dibuat sebagai syarat mengikuti Ujian Akhir Semester mata kuliah Bahasa Indonesia, Juni 2016.



Evi Endawati: Peran Pendidikan Karakter dalam Menanamkan Nilai-nilai Moral Pada Generasi Muda


Di zaman era modern ini, zaman yang di sebut-sebut sebagai zaman dekadensi moral, banyak sekali permasalahan yang terlihat di depan mata. Dari masalah sosial, ekonomi bahkan menurunnya moral bangsa Indonesia. Mulai dari tawuran, narkoba, korupsi, kemiskinan, hingga konflik sosial yang dapat mengancam disintegrasi bangsa. Lantas, ada apa dengan negeri ini? Bagaimana pendidikan saat ini? Berbagai pertanyaan muncul jika berbicara mengenai pendidikan dan realitanya dalam kehidupan nyata.

Pendidikan yang dianggap sebagai institusi dimana yang di dalamnya terjadi proses transfer ilmu pengetahuan. Namun, jika melihat berbagai permasalahan di atas, pendidikan tidak hanya mentransfer ilmu pengetahuan saja, tetapi  lebih dari itu pendidikan harus mampu memberikan pemahaman dan nilai-nilai etika moral. Terutama mengenai pendidikan moral yang sangat dibutuhkan pada saat ini. Di sini, pendidikan karakter sangat diperlukan untuk membentuk kepribadian bangsa. Karena, kemajuan suatu bangsa dilihat dari etika dan moral perilaku bangsa itu sendiri.

Pendidikan karakter, menurut Ratna Megawangi (2004: 95), sebuah usaha untuk mendidik anak-anak agar dapat mengambil keputusan dengan bijak dan mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga mereka dapat memberikan kontribusi yang positif kepada lingkungannya.

Pendidikan yang dianggap sebagai institusi yang berupaya untuk mentransfer ilmu pengetahuan kepada peserta didik, namun pada saat ini, rupanya tidak seimbang bila peserta didik hanya dibekali ilmu pengetahuan berupa teori saja, jika etika dan perilakunya tidak sesuai dengan kepribadian seorang pelajar. Maka dari itu, pendidikan karakter salah satu upaya untuk dapat menyeimbangkan antara pendidikan nasional dan pendidikan yang menerapkan karakter dan nilai-nilai yang baik untuk peserta didik.

Pendidikan karakter mempunyai tujuan untuk membentuk peserta didik agar mempunyai kepribadian atau watak yang mencerminkan perilaku bangsa Indonesia yang baik, diantaranya:Pendidikan karakter bertujuan memfasilitasi penguatan dan pengembangan nilai-nilai tertentu sehingga terwujud dalam perilaku peserta didik, baik ketika proses sekolah maupun setelah proses sekolah (setelah lulus dari sekolah). Artinya, pendidikan karakter tidak hanya memberikan nilai-nilai teori pada peserta didik, tetapi lebih dari itu terdapat proses yang dapat membawa peserta didik untuk memahami dan merefleksikan bagaimana suatu nilai menjadi penting untuk diwujudkan dalam perilaku kehidupan sehari-hari. Merujuk pada tujuan pendidikan karakter yang pertama, bahwa penguasaan akademik diposisikan sebagai media atau sarana untuk mencapai tujuan terwujudnya pengembangan karakter.Tujuan kedua pendidikan karakter adalah mengoreksi perilaku peserta didik yang tidak sesuai dengan nilai-nilai yang dikembangkan oleh sekolah. Artinya, bahwa pendidikan karakter mempunyai strategi untuk meluruskan perilaku peserta didik yang negatif menjadi positif. 

Pendidikan karakter sangat penting bagi bangsa Indonesia. Karena kelak masa depan bangsa Indonesia ada di tangan pemuda-pemudi yang akan menjadikan bangsa ini mempunyai nilai keharmonisan dan karakter yang baik. Sehingga akan mampu menghadapi masalah-masalah dan tantangan di masa yang akan datang. Untuk dapat mewujudkan pendidikan karakter, tentunya tidak hanya guru dan sekolah yang berperan, tentu harus dihubungkan juga dengan peran keluarga dan lingkungan sekitar (masyarakat), sehingga keluarga dan masyarakat pun mempunyai tanggung jawab untuk mewujudkan anak-anak yang mempunyai nilai dan karakter yang baik.

Semoga, dengan terlaksananya pendidikan karakter di setiap jenjang pendidikan mampu memperbaiki karakter-karakter dan moral yang tercermin pada pemuda-pemudi bangsa Indonesia. Sehingga pendidikan-pendidikan yang ada mampu mencetak generasi-generasi pejuang bangsa yang mempunyai akhlak dan etika moral yang baik. Dengan pendidikan karakter, para pemuda-pemudi Indonesia tidak hanya pintar secara akademis, namun lebih dari itu mempunyai mental dan moral yang baik dalam menghadapi tantangan zaman di era modern.

Komentar