Penulis dapat dihubungi melalui surel ini: upi_stpatimah@yahoo.co.id
Indonesia merupakan negara besar,
negara yang sangat kompleks. Keberagaman yang dimiliki negara Indonesia
tentunya mengalahkan negara-negara lain potensi kekayaan Indonesia sangat luar
biasa. Negara Indonesia diantaranya memiliki emas, gas alam, batu bara, tanah
yang subur, lautan terluas, hutan terbesar, bahasa, beribu pulau dan tempat
pariwisata yang indah Indonesia punya. Akan tetapi, dibalik semua kebesaran dan
keberagaman itu ternyata Indonesia mengalami kegalauan yang cukup
memprihatinkan. Kemiskinan masih meraja rela di negara Indonesia, padahal
penduduk Indonesia banyak, bahkan mendapatkan peringkat ke empat di dunia.
Melihat kondisi negara seperti itu,
dapat kita simpulkan adanya ketidakseimbangan antara sumber daya alam yang
dimiliki Indonesia dengan kualitas sumber daya manusia yang ada di Indonesia.
Apabila Indonesia ingin menjadi negara maju, yaitu dengan cara membangun
kualitas sumber daya manusia yang baik, agar manusia Indonesia mampu mengolah
kekayaan alamnya sendiri dan mencapai kesejahteraan masyarakat Indonesia.
Untuk meningkatkan kualitas sumber
daya manusia hanya dengan melalui pendidikan yang mampu mencerdaskan kehidupan
bangsa dan memajukan negaranya. Pendidikan adalah merupakan agen sosial yang
membantu menumbuh kembangkan potensi manusia sehingga menjadikan dirinya
berguna untuk mencapai tujuan dan cita-cita yang setinggi-tingginya. Realita pendidikan di Indonesia pada kenyataannya belum bisa meningkatkan
kualitas manusia Indonesia. Sebagian besar anak-anak Indonesia masih ada yang
belum menerima pendidikan yang layak, oleh karena itu pemerintah mewajibkan
pelaksanaan wajib belajar 12 tahun bagi anak-anak Indonesia dengan berbagai
fasilitas yang dibutuhkan.
Dengan adanya kebijakan dari
pemerintah apakah pendidikan akan berhasil mencetak manusia yang berkualitas.
Hal ini dapat dilihat dari proses pendidikannya, berjalannya suatu
pendidikan tidak lepas dari berbagai komponen dalam pendidikan yaitu peserta didik,
pendidik, alat, sarana prasarana dll. Komponen-komponen pendidikan ini saling
memiliki ketergantungan satu dengan yang lainnya. Pendidik dan peserta didik
mereka adalah merupakan penggerak pendidikan, yang menjalankan proses
pembelajaran dalam suatu ruangan dimana mereka saling melakukan interaksi
terkait dengan mata pelajaran yang diberikan oleh pendidik.
Seorang pendidik adalah sosok yang
berjasa dimana ia mampu menjadikan manusia yang cerdas, karena didikan dari
seorang pendidik akan menjadi cerminan suatu bangsa di masa depan. Penting nya
didikan dari seorang pendidik terkadang sering dilupakan, seperti yang kita
ketahui pendidik atau guru adalah orang tua kedua di sekolah yang mana ia akan
dijadikan sebagai contoh yang nantinya akan ditiru oleh peserta didik.
Terkadang masih banyak kesalahan dari seorang pendidik dalam menjalankan tugas
dan kewajibannya sebagai seorang pendidik. Yang kita ketahui selama ini tugas
seorang pendidik yaitu mengajar artinya hanya mentransfer ilmu yang ia punya
kepada peserta didik. Ini sering terjadi di sekolah-sekolah di lingkungan
sekitar kita, peserta didik datang ke sekolah di ibaratkan botol kosong
yang kemudian diisi air, artinya peserta didik hanya disuguhkan materi-materi,
teori-teori tanpa tahu pengaplikasiannya untuk apa mereka mempelajari hal
tersebut. Kemudian pada saat peserta didik mengikuti pembelajaran, pendidik
terkadang tidak memperhatikan apakah pikiran dan konsentrasi peserta didik
terfokus pada mata pelajaran yang bersangkutan, kebiasaan pendidik yang terpenting
ia sudah menyampaikan materi kemudian tugasnya selesai. Melihat peristiwa
seperti itu bagaimana anak-anak bangsa ini akan cerdas kemudian memiliki sikap
yang diharapkan untuk kemajuan suatu negara, sangat jauh dari apa yang
diharapkan.
Peristiwa ini sudah menjadi kebiasaan
dari generasi ke generasi, sehingga anak-anak di negeri ini sebagian memiliki
kebiasaan yang sama. Peserta didik belum bisa menanamkan bahwa belajar adalah
sebagai kebutuhan, yang ada dalam pikiran mereka sebagian besar mereka belajar
apabila akan ada ulangan, dan tugas yang diberikan oleh gurunya. Oleh karena
itu, kualitas manusia Indonesia yang masih sangat jauh dengan apa yang
diharapkan, dan pendidikan yang bertujuan untuk mencerdaskan anak-anak bangsa
ini belum sempurna sehingga pantas saja apabila manusia Indonesia belum bisa
mengolah kekayaan negaranya sendiri.
Peran pendidik sangat dibutuhkan dalam
mewujudkan manusia berkualitas melalui pendidikan. Pendidik harus lebih cerdas
dalam mengajar dan mendidik peserta didik, mencari cara bagaimana agar peserta
didik mampu mencapai suatu ilmu yang tinggi dan kemudian peserta didik tahu
serta mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Seorang pendidik
yang baik adalah dimana ia mampu mendukung peserta didiknya dan percaya akan
kemampuannya dan menjadikan peserta didiknya mempunyai kedudukan lebih
tinggi darinya.
Komentar
Posting Komentar